By. : Moh. Homaidi*
Betapa banyak organisasi yang ada di sekitar kita, mulai dari kemasyarakatan, pendidikan, sampai tingkat pemerintahan. Tapi banyak yang disfungsi, terbukti bangunan mangkrak dan papan nama yang sudah tidak terawat, serta ummat yang tidak terarah.
Kenapa hal demikian terjadi? Karena kurangnya sebuah koordinasi dan evaluasi baik internal maupun external, sehingga wajar mengalami darurat distrukturisasi dan kebiri.
Koordinasi adalah usaha sistematis yang mengusahakan keselarasan, keseimbangan antara pekerjaan seseorang dengan orang lain, antara bagian satu dengan bagian yang lain. Sehingga diharapkan tidak akan terjadi kesimpangsiuran, ketidaktepatan dalam bekerja bersama-sama. Hal ini memungkinkan terjadinya efektivitas dalam sebuah pekerjaan.
Maka koordinasi berperan sangat penting dalam kegiatan organisasi, meliputi : Pertama, mencegah terjadinya kekacauan, percekcokan, dan kekosongan pekerjaan. Kedua, agar pekerjaannya diselaraskan serta diarahkan untuk mencapai tujuan lembaga atau organisasi.
Mendengar dan Eksikusi
Dalam sebuah koordinasi dan evaluasi pasti mengalami ketersinggungan antara satu dengan yang lain, tapi dengan duduk bersama mampu menitralisir kesalahpahaman antar tim.
Lebih baik kita mengeluarkan urat leher di forum, tapi di saat forum usai semua damai dan menemukan solusi. Dari pada di luar forum, sementara banyak orang yang melihat, wajar timbul stigma negatif yang bermunculan.
Selanjutnya, perbanyak mendengar ketika dalam forum sebelum diberi waktu berpendapat atau menyanggah, hal ini menjadi mument menimbang dan memutuskan untuk menawarkan solusi.
Saat koordinasi inilah akan menemukan benang yang kusut, dan bisa menjadi bening lagi, sehingga kesempatan bagi seorang leader untuk mengeksikusi.[]
* Aktivis Sosial Dan Pendidik
Komentar
Posting Komentar