Kota Batu : Pemandangan Ananda SD Integral Al Fattah pagi ini, Selasa (08/10) cukup berbeda, yang semula Ananda sholat dhuha di Kelas masing-masing, tapi saat ini Ananda selama satu pekan sholat sesuai jenjang di Aula.
Kenapa? Karena pada saat itu selama satu pekan ada ujian Sumatif Tengah Semester (STS) 1. Jenjang kelas bawah di Aula lt 2, sementara jenjang kelas atas di Aula lt 3.
Sebelum sholat dhuha berjama'ah dilaksanakan, terlebih dahulu Ananda memuroja'ah hafalan juz 30. Tentu pemandangan ini menambah khidmatnya jalannya STS.
Setelah selesai muroja'ah kurang lebih 7 menit, Ananda melanjutkan dengan sholat dhuha berjama'ah dan ditutup dengan do'a dhuha.
Pada dasarnya seseorang yang ingin meyeselaikan pekerjaannya sebaiknya mengedepan Tuhan yang maha kuasa, sebelum dengan yang lainnya. Karena ridha sang ilahi terletak pada ketaatan hamba-Nya.
( الحجرات ) إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقٰكُمْ
Meraih Kebaikan
Seorang hamba yang ingin dicinta Robnya, hendaknya ia mencintai Allah dan Rasulnya daripada yang lain.
“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut:45).
Ibnu Katsir menjelaskan bahwa ibadah Salat itu mengandung dua hikmah, yaitu dapat menjadi pencegah diri dari perbuatan keji dan perbuatan munkar, artinya bahwa shalat dapat menjadi pengekang diri agar seorang muslim menghindari dari kebiasaan melakukan kedua perbuatan buruk tersebut.
Dengan demikian ibadah sholat akan meraih kebaikan individu dan sosial, serta dapat menyejukkan hati dan pandangan orang yang melihatnya, termasuk orang tua yang mengharap kebaikan darinya.
Yuk.. segera daftarkan putra/i Ayah-Bunda ke SD Integral Al Fattah yang melaksanakan program Tahfizh dan Adab, serta panen prestasi, gunan mencetak Generasi Qur'ani penyejuk hati. []/Moh. Homaidi*
Sekolah ya.. di Al Fattah..!
*Aktivis Sosial Dan Pendidik_Kota Batu
Komentar
Posting Komentar